Sejarah Feminisme

INILAH SEJARAH FEMINISME SESUNGGUHNYA 


Apa feminisme itu ? Banyak kita jumpai kaum perempuan menuntut hak-hak mereka sebagai manusia seutuhnya. Ada pula yang memahami feminisme sebagai suatu bentuk pertentangan relasi-relasi antara laki-laki (sebagai suatu kelompok) dan perempuan sebagai kelompok lainnya. Kaum perempuan dengan sadar berjuang bersama demi hak-hak mereka karena itulah satu-satunya jalan agar bisa memenangkan hak-hak tersebut. Begitu yang dimaknai sebagian orang mengenai feminisme. 

Feminisme dituliskan dalam buku ‘Feminisme Untuk Pemula’ dituliskan bahwa feminisme adalah tentang perlawanan terhadap pembagian kerja di suatu dunia yang menetapkan kaum laki-laki sebagai yang berkuasa dalam ranah publik (seperti dalam pekerjaan, olahraga, perang, pemerintahan) dan sementara kaum perepuan hanya menjadi pekerja tanpa upah dirumah serta memikul seluruh beban kehidupan keluarga. 

Era Sebelum Bangkitnya Feminisme 

Kita telah mengetahui banyak perempuan yang memiliki kekuasaan, keberanian dan bakat yang sungguh luar biasa. Kita mengenali para pahlawan-pahlawan perempuan, ratu-ratu yang terkenal, orang-orang suci, ilmuwan hingga seniman perempuan. Namun mereka tidak lebih dari individu yang dikecualikan, dikarenakan tidak berpengaruh atau memajukan secara riil, secara nyata status dari mayoritas kaum perempuan yang awam dan tertindas. 

Perempuan-perempuan tersebut antara lain : 
  1. Ratu Elizabeth II (1533-1603). Penguasa Besar Kerajaan Inggris yang menginspirasi renaisans Inggris 
  2. Boadicea (61 M). Prajurit Ratu yang menantang pendudukan Roma atas Inggris. 
  3. Murasaki Shikibu (978-1026). Orang Jepang pengarang novel panjang pertama berjudul ‘The Tale of Genji’ Sappho(650 SM). Penyair besar pada masa Yunani Kuno 
  4. Joan Of Arc(1412-1431). Penjuang Perancis dan pelantik raja. Dieksekusipada umur 19 tahun. Kaisar Catherina Yang Agung (1729-1796) Orang Jerman. Memerintah Rusia selama 35 tahun, seorang penguasa yang tercerahkan dan pembaharu. 
Kisah mengenai perubahan kondisi para perempuan yang tersubodinat bermula dari feminisme. Pertanyaannya adalah, kapan feminisme muncul ? Feminisme muncul ketika kaum perempuan mulai menyadari dan mengorganisir dirinya dalam suatu skala yang cukup besar dan cukup efektif untuk memperbaiki keadaan mereka. Akan tetapi hal itu butuh waktu berabad-abad lamanya. 

Salah satu sample adalah Suster Juana Ines yang merupakan seorang sarjana sekaligus penyair Meksiko dapat menjadi teladan perempuan mandiri pada masa sebelum adanya emansipasi. Dia mengambil pilihannya sendiri pada masanya yakni dengan menjadi biarawati dan memutuskan tidak menikah ataupun memiliki suami dan anak. 

Di dalam biara, Suster Juana memiliki waktu banyak untuk belajar dan menulis karya besar yang pertama dalam dunia puisi Amerika Latin. Hanya saja, inkuisisi pada akhirnya membungkam dirinya.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Komunikasi Lintas Budaya (Makalah)

JENIS CITRA (Frank Jeffkins)

Cara Membuat Kerajinan Dari Tanah Liat