Contoh Proposal KKK (Kuliah Kerja Komunikasi)


 
A.    PENDAHULUAN
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga merupakan Perguruan Tinggi Islam yang mencetak mahasiswa-mahasiswi tidak hanya menguasai dasar keilmuan Islam saja namun juga keilmuan sosial. Pembelajaran di UIN Sunan Kalijaga bukan hanya sekedar memberikan kemampuan akademik yang dinilai dari tingginya Indeks Prestasi Mahasiswa (IPK), akan tetapi mahasiswa diberikan ketrampilan (skill) yang nantinya dibutuhkan mahasiswa untuk memasuki dunia kerja profesional yang nyata. Hal tersebut diharapkan agar perguruan tinggi dapat melahirkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, bekerja secara profesional serta dapat berkontribusi bagi pembangunan bangsa dan negara.
            Demi terwujudnya hal tersebut, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta memutuskan untuk menetapkan mata kuliah Kuliah Kerja Komunikasi (KKK) sebagai mata kuliah wajib.  
KKK merupakan salah satu upaya mengenalkan dan mempersiapkan mahasiswa memasuki dunia kerja profesional yang menuntut kemampuan aplikatif keilmuan yang didapat. KKK ini dilaksanakan sebagai langkah teknis keilmuan sekaligus media praktek bagi pengembangan keilmuan program studi Ilmu Komunikasi.
KKK sebagai mata kuliah praktek yang wajib dilaksanakan, diperuntukkan bagi mahasiswa semester 7 dan dilaksanakan minimal satu bulan. Praktek KKK dilaksanakan berdasarkan konsentrasi yang dipilih oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi yaitu Public Relations dan Advertising.
Melalui KKK ini, diharapkan agar mahasiswa dapat menerapkan keilmuan dan pengetahuan yang diperoleh selama perkuliahan dalam dunia kerja yang sesungguhnya. Selain itu, diharapkan agar terjalin relasi yang baik antara prodi Ilmu Komunikasi dengan instansi KKK mahasiswa sehingga kedepannya dapat bekerjasama dengan baik dan bermanfaat.

B.      LATAR BELAKANG PEMILIHAN LOKASI KKK
Lokasi yang dipilih adalah Bagian Public Relations / Humas PT Gudang Garam Tbk. Jl Semampir II/1 Kediri 64121.

Divisi Public Relations / Humas PT Gudang garam Tbk merupakan bagian dari lini atau staff kantor, yang melaksanakan tugas dan wewenang di bidang Hubungan Masyarakat baik kepada stakeholder internal maupun eksternal perusahaan untuk mendapatkan dukungan pihak intern atau ekstern. Seain itu, Humas memiliki kendali terhadap media massa yang berpengaruh terhadap brand maupun citra perusahaan.
Alasan atau latar belakang saya memilih lokasi KKK tersebut adalah karena saya memiliki minat yang tinggi dalam bidang kehumasan atau Public Relations yang didalamnya menyangkut unsur-unsur komunikasi. Selain itu saya juga memiliki ketertarikan terhadap  isu-isu bisnis dan media, yang mana hal itu menjadi kajian dalam Ilmu Komunikasi konsentrasi Public Relations.

C.    TUJUAN KKK
Ada pun tujuan dari pelaksanaan KKK ini adalah:
1.        Mempraktekkan secara langsung keilmuan Ilmu Komunikasi konsentrasi Public Relations dan meningkatkan ketrampilan serta wawasan
2.        Mengasah kompetensi personal, yaitu kemampuan mengelola sikap dan kepribadian sehingga mampu mengabdikan diri kepada instansi lokasi KKK.
3.        Mengasah kompetensi sosial, yaitu kemampuan untuk menempatkan diri dalam lingkungan lokasi KKK dan kemampuan untuk berhubungan baik dengan orang lain sebagai mitra kerja dan sebagai teman.
4.        Mengasah kompetensi profesional, yaitu kemampuan untuk mengaplikasikan ilmu dan pengalaman yang diperoleh selama kuliah ke dalam dunia kerja secara profesional.

D.    WAKTU DAN LOKASI PELAKSANAAN
Kuliah Kerja Komunikasi dilaksanakan pada:
01 Oktober – 20 November 2014
Lokasi pelaksanaan KKK bertempat di:
Bagian Public Relations / Humas PT Gudang Garam Tbk.
Jl Semampir II/1 Kediri 64121.
Telp. (0354) 682091
Fax. (0354) 881555




E.     RENCANA PROGRAM KERJA KKK
Adapun rencana program kerja selama KKK adalah:
1.      Melaksanakan pola kerja bagi mahasiswa magang yang sudah ditetapkan di Public Relations PT Gudang Garam Tbk.
2.      Ikut serta mengelola kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh PT Gudang Garam Tbk. baik itu menyangkut pekerjaan kantor maupun lapangan
3.      Mempraktikkan Media Relations dan membangun Human Relations
4.      Membuat Press Realise tentang kegiatan PT Gudang Garam Tbk dan mengkliping hal-hal yang berkaitan dengan perusahaan
5.      Membantu pelaksanaan Corporate Social Responsibility yang ada di PT Gudang Garam Tbk
6.      Membantu penyelesaian krisis yang ada pada perusahaan

F.     PENUTUP
Demikian proposal KKK ini saya susun. Besar harapan saya seluruh pihak terkait bersedia memberikan dukungan , sehingga saya bisa melaksanakan KKK ini dengan lancar dan sukses.

Yogyakarta, 14 Mei 2014
            Mengetahui,                                                         Hormat saya,
Dosen Pembimbing Lapangan                                            Penyusun


        Fajar Iqbal, M.Si.                                                Siti Fitria Aprilliani
NIP 19730701 201101 1002                                         NIM 11730144



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Komunikasi Lintas Budaya (Makalah)

JENIS CITRA (Frank Jeffkins)

Cara Membuat Kerajinan Dari Tanah Liat