Sri Gethuk Waterfall Yogyakarta

Air Terjun Sri Gethuk

Gunung Kidul - Yogyakarta



Ketika berkunjung ke Yogyakarta, jangan lewatkan untuk mampir ke wilayah Kabupaten Gunung Kidul yang kaya akan wisata air. Anda dapat menjumpai pantai yang sangat indah dan juga air terjun. 

Salah satu air terjun yang sangat menarik perhatian wisatawan adalah Air Terjun Sri Gethuk. Air Terjun Sri Gethuk terletak di Padukuhan (Dusun) Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. 

Air terjun Sri Gethuk lokasinya tepat berada di tepi sungai oyo. Agar dapat menuju lokasi wisata ini, anda hanya butuh waktu 1,5 jam untuk sampai ke lokasi wisatanya. Dengan catatan jika kondisi jalanan lancar ndak macet. 

Dari pusat kota Jogja, kalian menuju arah jalan wonosari dan naik di bukit patuk sembari melihat pemandangan Jogja dari atas. Setelah sampai di pertigaan Gading Playen silahkan ambil belokan ke arah pasar Playen. Setelah sampai di pasar Playen, nanti belok lagi ke kanan, setelah itu nanti banyak penunjuk arah ke lokasi wisata Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul. 

Meskipun Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul ini memang sudah terkenal, namun jalanannya untuk menuju kesana belum bagus semua dan masih hanya bisa di lewati motor maupun mobil. 

Setelah sampai di Desa Playen nggak bisa langsung kita menikmati keindahan air terjun Sri Gethuk yang mempesona ini. Ada 2 cara untuk mencapai Air Terjun Sri Gethuk. Pertama, setelah kalian sampai parkiran bisa berjalan menuju lokasi air terjun melewati pematang sawah dan sungai-sungai kecil. 

Sebelum sampai di lokasi air terjunnya, kita akan melewati sebuah goa yang harga tiket masuknya sepaket dengan air terjun. Jadi kita dapat menikmati dua lokasi wisata dengan sekali jalan.



Setelah melewati persawahan dengan panorama yang kita masih lagi harus naik turun melewati tangga yang sebagian sudah di semen dan sebagian masih batu dan tanah. Setelah ini baru kelihatan gemericik Air Terjun Sri Gethuknya. Untuk cara kedua, sangat cocok buat yang males jalan. Kita bisa menggunakan perahu yang ongkosnya Rp 10.000/orang. Perahu ini melewati sungai oyo yang memiliki keindahan tebing-tebing batu dan air terjun kecil-kecilnya.

Keindahan Air Terjun Sri Gethuk yang memiliki ketinggian sekitar 25 meter itu sendiri mengalir cukup deras dan sangat cocok untuk kita mainan air maupun berenang di sungai di bawah air terjun itu sendiri. Di tambah dengan motif-motif bebatuan yang sangat indah, menambah pesona dari air terjun ini. 

Selain mendapati pemandangan cantik dari air terjun dan juga aliran Sungai Oyo, obyek wisata ini juga sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti warung makan sederhana yang menyediakan makanan hangat dan minuman. 

Deretan warung makan yang dikelola oleh penduduk setempat ini juga menjajakan makanan tradisional khas Gunung Kidul seperti gathot dan juga tiwul. Selain itu ada berbagai gorengan seperti bakwan, tempe dan tahu. Keberadaan Air Terjun Sri Gethuk seolah semakin menambah kelengkapan pilihan wisata alam di kawasan Gunung Kidul yang dulunya terkenal kering dan gersang menjadi salah satu primadona wisata di jogja.

Sejarah dinamakan air terjun Sri Gethuk yang memiliki 3 sumber mata air dari “Kedung Poh” , “Ngandong” , dan “Ngumbul” ini berasal dari nama “Sri Kethuk”. Sri Kethuk adalah nama dari sebuah lokasi tempat buat menyimpan peralatan yang di miliki oleh raja jin yang merupakan penunggu dari Air Terjun Sri Gethuk.

Kalau menurut cerita atau mitos masyarakat Playen sendiri di kawasan wilayah air terjun yang eksotis dan indah ini tinggal sesosok raja jin yang bernama “Onggo Menduro” yang lebih sering di sebut Mbah Onggo. Si mbah Onggo sang raja jin ini rupanya menyukai kesenian dan bahkan beliau pun mempunyai peralatan gamelan. Peralatan gamelan tersebut yang bisa di wujudkan dan di gunakan oleh masyarakat dusun Menggioran melalui sebuah ritual khusus.





Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Komunikasi Lintas Budaya (Makalah)

JENIS CITRA (Frank Jeffkins)

Cara Membuat Kerajinan Dari Tanah Liat