Telaga Sarangan Magetan 04/11/2015


Telaga Sarangan, juga dikenal sebagai Telaga Pasir. Wisata ini adalah telaga alami yang berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut dan terletak di lereng Gunung Lawu, Kec. Plaosan, Kab, Magetan, Jawa Timur.

Telaga ini berjarak kurang lebih 16 km arah barat Kota Magetan. Telaga ini luasnya sekitar 30 ha dan berkedalaman 28 m. Dengan suhu udara antara 15 hingga 20 derajat celcius.

Terdapat puluhan kios penjual cindera mata dan makanan. Fasilitas obyek wisata lainnya pun tersedia, misalnya rumah makan, tempat bermain, pasar wisata, tempat parkir, sarana telepon umum, tempat ibadah, dan taman. Telaga Sarangan salah satu dari obyek wisata andalan yang ada di Kabupaten Magelang. Di sekeliling telaga terdapat dua hotel berbintang, 43 hotel kelas melati, dan 18 pondok wisata. Pengunjung dapat pula menikmati indahnya Sarangan dengan menaiki kuda mengitari telaga, atau mengendarai kapal cepat. 
Dengan adanya 19 rumah makan di sekitar telaga menjadikan para pengunjung memiliki banyak alternatif pilihan menu makanan. Demikian pula keberadaan pedagang kaki lima yang menawarkan berbagai suvenir telah memberikan kemudahan kepada pengunjung untuk membeli oleh-oleh. Hidangan khas yang dijajakan di sekitar telaga adalah sate kelinci. Anda dapat memesan sate kelinci seharga Rp 15.000,- per porsi.
Di kota Magetan juga terdapat potensi industri kecil setempat yang mampu memproduksi kerajinan untuk souvenir, misalnya anyaman bambu, kerajinan kulit, kerajinan sepatu, dan produk makanan khas seperti emping melinjo dan lempeng (kerupuk puli, yaitu kerupuk dari nasi).
Telaga Sarangan juga memiliki layanan jasa sewa perahu dan becak air. Ada 51 perahu motor dan 13 becak air yang dapat digunakan untuk menjelajahi telaga. Ketika anda memasuki kawasan wisata ini, anda akan melihat patung kelinci disepanjang jalan karena ditempat wisata Sarangan akan banyak dijumpai sate kelinci.

*) Moment perjalan pulang kampung dari Yogyakarta ke Kertosono 4/11/2015

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Komunikasi Lintas Budaya (Makalah)

JENIS CITRA (Frank Jeffkins)

Cara Membuat Kerajinan Dari Tanah Liat