Selamat Hari Guru, 25 November

Guru ?



Siapa itu guru menurut kalian ? Secara umum, guru merupakan seorang yang mengajarkan kepada kita suatu ilmu. Banyak juga yang beranggapan bahwa guru itu adalah sebuat profesi yang merujuk pada pendidik. Menjadi seorang guru membutuhkan keahlian khusus yang belum tentu dimiliki orang lain. 

Pernah dengar kalimat "Pahlawan Tanpa Tanda Jasa" ? Kalimat tersebut ditujukan pada Guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa yang tidak pernah menuntut lebih pada tugasnya sehari-hari sebagai pendidik. Guru juga memiliki peran sebagai orangtua kedua di sekolah.

Hari Guru diperingati setiap tanggal 25 November 2017, namun pada hari Guru bukan termasuk hari libur. Hari Guru diperingati bertepatan dengan peryaan ulangtahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Awal mula peringatan Hari Guru ditandai dengan perjuangan para guru Tanah Air melalui Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) di tahun 1912. Organisasi unitaristik ini memiliki anggota para guru bantu, guru desa, kepala sekolah, dan juga pemilik sekolah. Pada umunya mereka bertugas di Sekolah Desa dan di Sekolah Rakyat Angka Dua. 



Kemudian sekitar kurang lebih 2 dekade, PGHB berubah menjadi PGI atau Persatuan Guru Indonesia. Akan tetapi pemerintah Jepang kurang memberikan respon positif adanya PGI karena disana terselip semangat persatuan dan kesadaran kebangsaan. Baru setelah kemerdekaan, PGI mulai kembali menggeliat dan menunjukkan eksistensinya. Kongres Guru Indonesia pertama kali digelar pada 24–25 November 1945 di Surakarta.

Adapun beberapa kesepakatan yang diperoleh dari Kongres Guru adalah kesepakatan untuk menghapuskan semua organisasi dan kelompok guru berlatar belakang perbedaan tamatan, lingkungan pekerjaan, lingkungan daerah, politik, agama, dan suku. Inilah yang menjadi cikal bakal bersatunya guru-guru yang aktif mengajar, pensiunan yang aktif berjuang, dan pegawai pendidikan Republik Indonesia yang baru dibentuk.

Sehingga lahirlah Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) pada tanggal 25 November 1945. Sejak saat itu, pemerintah Indonesia menetapkan tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Komunikasi Lintas Budaya (Makalah)

JENIS CITRA (Frank Jeffkins)

Cara Membuat Kerajinan Dari Tanah Liat