Makalah Komunikasi Massa "ANALISIS ISI BERITA DALAM KORAN JAWA POS EDISI SENIN 24 DESEMBER 2012"
ANALISIS ISI BERITA DALAM KORAN JAWA
POS EDISI SENIN 24 DESEMBER 2012
Diajukan untuk memenuhi tugas Mata
KuliahKomunikasi Massa
Dosen Pengampu : Drs. ...................................M.Si
Disusun oleh :
Siti Fitria Aprilliani (11730144)
PRODI ILMU KOMUNIKASI
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA
UIN SUNAN KALIJAGA
2012/2013
A.
Latar
belakang
Seiring kemajuan ilmu pengetahuan dan
teknologi sekarang ini, semakin beragam pula cara suatu lembaga untuk
mengkomunikasikan suatu informasi atau pesan kepada khalayak. Begitu pula bila
kita mempelajari mengenai komunikasi massa. Media berperan sangat penting dalam
menyebarkan arus informasi.
Jawa Pos sebagai media massa surat
kabar yang terbit setiap hari. Sebagai surat kabar yang selalu menyajikan
informasi actual maka isi informasi juga beragam. Dengan begitu pesan yang
disuguhkan tentunya sesuai informasi yang ada di lapangan.
Jawa Pos berusaha memberikan
informasi yang bermanfaat bagi masyarakat, seperti yang diterbitkan tanggal 24
Desember 2012. Surat kabar Jawa Pos yang selalu menyajikan 20 halaman setiap
harinya dengan ukuran panjang 50 cm dan lebar 32,5 cm. Dengan begitu surat
kabar Jawa Pos diharapkan mampu memberikan dan menyajikan berita yang seimbang
pada setiap kategori.
B.
Rumusan
Apa
saja yang dimuat dalam surat kabar Jawa Pos yang terbit pada hari Senin tanggal
24 Desember 2012 ?
C.
Landasan
Teori
1.
Komunikasi
Massa
Komunikasi
Massa merupakan suatu bentuk komunikasi yang menggunakan saluran (media) dalam
menghubungkan komunikator dan komunikan secara massal, berjumlah banyak,
terpencar, sangat heterogen dan menimbulkan efek tertentu (Tan dan Wright, 1991).
Penulis
memilih media cetak yang digunakan dalam komunikasi massa terutama Koran Jawa
Pos. Koran Jawa Pos yang terdiri dari 20 halaman, terbit tanggal 24 Desember
2012 ini menyajikan banyak informasi yang perlu kita ketahui dan fahami isinya.
Dengan memahami pesan melalui media Koran Jawa Pos tersebut, maka kita juga
telah melakukan komunikasi massa. Kedudukan kita dapat menjadi komunikan dan
lembaga Jawa Pos dapat kita katakan sebagai komunikator dan saluran atau media
yang digunakan adalah Koran atau surat kabar. Efek yang timbul dari komunikasi
ini sangat beragam dan feedback tidak akan diperoleh secara langsung karena
memang sifat komunikasi massa yakni antara komunikator dan komunikan tidak
bertemu secara langsung.
Efek
yang ditimbulkan oleh media massa sangat beragam. Koran Jawa Pos memberikan
beberapa macam efek seperti yang tertera dalam teori efek yakni sebagai berikut
:
a.
Efek
Kognitif
Media
massa mampu membantu para khalayak dalam memperoleh informasi tentang benda,
orang atau tempat yang belum kita ketahui.
b.
Efek
Proposial Kognitif
Bagaimana
media massa memberikan manfaat yang dikehendaki oleh masyarakat.
c.
Efek
Afektif
Selain
macam efek komunikasi massa, terdapat pula efek dari kehadiran komunikasi
massa, seperti :
a.
Efek
Ekonomi
b.
Efek
social
c.
Penjadwalan
aktivitas
d.
Penghilangan
perasaan
e.
Perasaan
tertentu
2.
Surat
Kabar
Surat
kabar merupakan salah satu media komunikasi yang dapat menimbulkan efek
tertentu. Surat kabar dapat mejadi sumber informasi kita, karena dengan
informasi dan berita yang disajikan oleh surat kabar khususnya Jawa Pos, kita
akan mendapatkan informasi yang kita butuhkan setiap harinya.
Menurut Onong
Uchjana Effendy , “Surat kabar adalah lembaran tercetak yang memuat laporan yang
terjadi di masyarakat dengan ciri-ciri setiap periodic, bersifat umum, isinya
termasa, dan actual mengani apa saja dan
dimana saja diseluruh dunia untuk diketahui pembaca.” (Effendy, 1993).
Surat
kabar sebagai media penyampaian pesan memiliki karakter seperti :
a.
Publisitas
b.
Perioditas
c.
Universalitas
d.
Aktualitas
e. Terdokumentasi
f.
Faktualitas
3.
Media
Massa
Media
massa adalah alat yang digunakan untuk menyampaikan pesan secara serentak kepada
khalayak banyak yang berbeda-beda dan tersebar di berbagai tempat. Yang
termasuk dalam media massa antara lain Surat Kabar, Majalah, Radio, Televisi
dan lain-lain. Penulis dalam kaitannya dengan media massa mengambil media surat
kabar Jawa Pos yang terbit tanggal 24 Desember 2012.
Media
massa terutama surat dapat memberikan pengaruh
pada khalayak seperti yang dipaparkan dalam beberapa teori komunikasi
massa yaitu :
a.
Teori
Peluru
Merupakan
konsep awal efek komunikasi massa. Teori ini mengasumsikan bahwa media massa
memiliki kekuatan yang luar biasa, komunikan dianggap pasif, komunikator dapat
menembakkan peluru komunikasi yang ajaib pada komunikan yang tidak berdaya.
b.
Technological
determinisme theory (Marshal Mc Luhan)
Ide
dasar teori ini adalah “bahwa perubahan yang terjadi pada berbagai macam cara
berkomunikasi akan membentuk pola keberadaan manusia itu sendiri”. Teknologi
akan membentuk individu bagaimana cara befikir, berperilaku dalam masyarakat
dan mengarahkan manusia untuk bergerak dari satu abad teknologi kea bad
teknologi lainnya.
c.
Diffusion
of Innovation theory (Paul Lazarfelt)
Komunikator
yang mendapatkan pesan dari media massa sangat kuat untuk mempengaruhi orang.
Awal perkembangan mendudukkan peran opinion leader dalam mempengaruhi sikap dan
perilaku masyarakat.
d.
Uses and
Gratification (Herbert Blummer and Elihu)
Pengguna
media memainkan peran penting atau aktif untuk memillih dan menggunakan
media.Asumsi bahwa pengguna media mempunyai pilihan alternative untuk memuaskan
kebutuhannya.Menekankan pada pendekatan manusiawi di dalam melihat
media.Manusia mempunyai otonomi, wewenang untuk memperlakukan media.
D.
Analisis
Isi
Luas
keseluruhan halaman harian Jawa Pos 32.500 cm. masing-masing luas rubric
sebagai berikut :
·
Informasi : 25.341,75 cm.
·
Pendidikan
: 2.110,75 cm.
·
Hiburan : 5.047,5 cm.
Dengan rincian
rubric setiap halaman sebagai berikut :
Halmn
|
Rubrik
|
Judul Berita
|
||
Informasi
|
Pendidikan
|
Hiburan
|
||
1
|
Jawa
Pos (Headline)
|
·
Kemauan 24 Karat besawah baru di
Ketapang
·
Dua Dubes Eropa pesan “Ferrari”
Tecuxi
·
KPK bertekad miskinkan Koruptor
·
Bogor diguyur hujan, Jakarta rawan
kebanjiran
·
Kemenkeu ketati pengajuan anggaran
·
Mourinho belum mau lengser
|
·
Dinding tripleks sering jebol
ditendang siswa
|
·
Iklan
|
2
|
Politik
|
·
Perlu Perda budaya Madura
·
DPR Protes anak periksa ayah
·
Kinerja enam Mentri Memble
·
Kekerasan di Masa SBY meningkat
|
·
-
|
·
Iklan Matahari
·
Iklan Mix
·
Iklan CV. Kuala Toraranga
|
3
|
Banyuwangi
festival 2012
|
·
-
|
·
-
|
·
Gambar Festival Banyuwangi
|
4
|
Opini
|
·
Mencegah sejuta PHK
·
Ketika Radar bandara mati
·
Bahaya Tong di idi semen di jalan
·
Guru sang EO di kurikulum baru
|
·
-
|
·
Menanti hadiah HP dari Bank Bukopin
·
Terima kasih satlantas polrestabes
Surabaya
·
Pembaca menulis
·
Jawa Pos
|
5
|
Ekonomi
Bisnis
|
·
Konsumsi naik 1-2 %
·
Bayar PNS paling beres
·
Tiga solusi untuk semen baturaja
·
Penumpang padat, Flight ditambah
·
Foxcom tunda investasi karena
masalah tanah
·
Kedawung nikmati sukses industry
F&B
|
·
-
|
·
Iklan Display
|
6
|
Inspiring
|
·
Fungsi kecantikan jadi kesehatan
·
Giat promosi buah local
·
Waralaba asing makin ekspansif
|
·
-
|
·
Gambar
|
7
|
Jakarta
|
·
Butuh penanganan darurat
·
Warga swadaya perbaiki tanggul
jebol
·
Truk polres pun dipereteli
·
Jelang tahun baru siapkan 50 bus
tambahan
·
Tampur dan ITC Mangga Dua Surga
Barang Bajakan
|
·
-
|
·
|
8
|
Komunikasi
Bisnis
|
·
Atasi diabetes dengan konsumsi
kulit manggis
|
·
-
|
·
Promo special di TCM nan Fang
·
Iklan gruda Indonesia
|
9
|
Nusantara
|
·
Enam warga tertembak, saparua
tegang lagi
·
Polisi bongkar gudang trenggiling
·
Mobil camat terlindas alat berat
·
Berhasil pulang setelah kabur dan
ditolong sesame warga Aceh
|
·
-
|
·
Iklan Menjelang Natal
|
10
|
Internasional
|
·
Korsel : Rudal korut bias jangkau
pantai Barat AS
·
Pemilih Mesir setuju dengan
konstitusi baru
·
Gedung 14 lantai terbakar di
Tiongkok, 3 tewas
·
Tunia Lego barang mewah milik Eks
penguasa
|
·
-
|
·
|
11
|
Berita
Utama
|
·
Perampasan harta harus perhatikan
dakwaan (lanjutan hal 1)
·
Jangan ada saling lempar batu
(lanjutan hal 1)
·
Mobil Listrik masuk running textCNN
(lanjutan hal 1)
·
Bendungan katulampa siaga dua
(lanjutan hal 1)
·
Rela keluar dari klinik yang sudah
mapan (lanjutan hal 1)
·
Tiga bulan mendatang panen raya
(lanjutan hal 1)
|
·
-
|
·
|
12
|
Jawa
Pos (Sosok dan Sisi Lain)
|
·
Brimop yang kritis akhirnya
meninggal
·
Tahun depan TNI perkuat Alutsista
|
·
Kena blacklist, sekolah tak bias
daftar SNMPTN
|
·
Sosok dan sisi lain
·
Gambar siaga jelang Natal
·
Iklan BlackBerry
|
13
|
Sportainment
|
·
Kagetkan rekan,diprotes Timnas
·
Messi berakhir dengan 91
|
·
-
|
·
Sportainment (gambar Cristian
Ronaldo)
|
14
|
Total
Football
|
·
Adik Balotelli ditangkap Polisi
·
Rencanakan pembangunan stadion baru
·
Hasil klasemen sementara sepak bola
·
Kena murka Zemanlandia di Turin
·
Michu paksa seri pertama
·
Calcio mercato cari rumah
|
·
-
|
·
|
15
|
Liga
Indonesia
|
·
Bekuk PSM, Persebaya IPL gagal
juara
·
Sriwijaya boyong gelar ke Palembang
·
PSSI tolak langkah KONI
·
Sepak bola Nusantara
|
·
|
·
|
16
|
Jawa Pos
(For Her)
|
·
Selalu analisis wajah
|
·
Asi eksklusif
|
·
A passage of happiness
|
17
|
Jawa Pos
(For Her)
|
·
Kinal jadi kapten Tim J
|
·
-
|
·
Acara TV
·
Selebriti
|
18
|
Golf
|
·
Berkah
saat bermain buruk
·
Keakraban
akhir tahun
|
·
Tanamkan
etika dan disiplin sejak anak-anak
|
·
Jawa
Pos cycling
|
19
|
Total
Sport
|
·
Bawa pulang dua gelar
·
Pemain Jatim masuk pelatnas Voli
|
·
-
|
·
Iklan BRI
·
Galaxy Mall
·
Kebaktian malam natal
·
Berita duka
·
Christimas service
|
20
|
Total
Sport
|
·
Cesar Chaves Jr paling diminati
·
Nash dating, Lakers menang
·
Tim putri raih peringkat ketiga
·
Absen di Australia terbuka
|
·
-
|
·
Sponsor
·
Geely
|
Hasil analisis isi Koran Jawa Pos :
No
|
Rubrik
|
Prosentase (%)
|
1.
|
Informasi
|
78 %
|
2.
|
Pendidikan
|
6,5 %
|
3.
|
Hiburan
|
15,5 %
|
Total
|
100 %
|
Dari
hasil analis diatas, bila kita amati dan analisis lebih jauh maka akan terdapat
kesesuaian dengan beberapa teori komunikasi massa.
a.
Jawa Pos
sebagai media massa dapat menembakkan peluru komunikasi yang ajaib pada
komunikan yang tidak berdaya karena komunikan pasif atau orang yang hanya percaya
begitu saja dengan berita atau informasi yang disajikan maka teori ini dapat
bekerja secara maksimal dalam menembakkan komunikasi ajaibnya sehingga
komunikan pasif tersebut menerima begitu saja tanpa menyeleksi. Seperti
informasi yang disajikan pada halaman 3 mengenai Festival di Banyuwangi,
komunikan pasif akan menerima begitu saja informasi mengenai festival tersebut.
b.
Technological
determinisme theory (Marshal Mc Luhan)
Ide
dasar teori ini adalah “bahwa perubahan yang terjadi pada berbagai macam cara
berkomunikasi akan membentuk pola keberadaan manusia itu sendiri”. Pembaca
Koran Jawa Pos akan berfikir sesuai frame of reference yang didapatkan
dari Koran Jawa Pos. seperti yang disajikan pada halaman 6 mengenai kecantikan.
Di halaman tersebut memberikan informasi mengenai kecantikan dan teknologi yang
digunakan, maka setiap komunikan yang mendapat informasinya akan membentuk pola
keberadaan manusia itu sendiri.
c.
Diffusion
of Innovation theory (Paul Lazarfelt)
Komunikator yang mendapatkan pesan
dari media massa sangat kuat untuk mempengaruhi orang. Awal perkembangan
mendudukkan peran opinion leader dalam mempengaruhi sikap dan perilaku
masyarakat. Komunikan Jawa Pos memperoleh informasi baru sesuai kebutuhan
mereka dan akan mempengaruhi pada sikap dan perilakunya karena telah memperoleh
suatu hal terbaru seperti penulis alami yakni tertera di halaman 16 tentang “A
passage of happiness” dan di halaman 4 pada rubric Opini.
d.
Uses and
Gratification (Herbert Blummer and Elihu)
Pengguna media khususnya Jawa Pos
memainkan peran penting atau aktif untuk memillih dan menggunakan media.Asumsi
bahwa pengguna media mempunyai pilihan alternative untuk memuaskan
kebutuhannya.Menekankan pada pendekatan manusiawi di dalam melihat
media.Manusia mempunyai otonomi, wewenang untuk memperlakukan media. Disini
komunikan Jawa Pos memiliki wewenang untuk membaca bagian informasi yang hanya
diperlukan komunikan, apabila tidak terkait kebutuhannya segala informasi yang
tidak diperlukan maka akan dilewati saja. Halitu juga terjadi pada penulis.
E.
Penutup
1.
Kesimpulan
Jawa
Pos sebagai media penyampai pesan atau media massa berusaha memberikan
informasi yang berimbang, namun setelah di analisis, Koran Jawa Pos menyajikan
78 % Informasi, 6,5 % Pendidikan dan 15,5 % Hiburan. Disini berarti bahwa Koran
Jawa Pos selalu memberikan terpaan kepada khalayak komunikan berupa
informasi-informasi yang actual dan factual.
2.
Kritik Saran
Pendidikan
yang dicantumkan dalam Koran Jawa Pos masih minim, karena terlihat dari hasil
analisa bahwa Pendidikan hanya disajikan 6,5 % saja. Sebaiknya, dalam penyajian
berita media massa terutama Jawa Pos dapat menyajikan berita yang seimbang
untuk kebutuhan komunikan apalagi pendidikan merupakan salah satu sarana dan
lembaga terpenting untuk mencerdaskan dan memajukan bangsa.
Informasi
yang disajikan oleh Koran Jawa Pos mendunia sehingga masyarakatlapisan bawah
yang ingin mendapatkan informasi seputar wilayah local kurang begitu menyentuh
jadi Koran ini tidak cocok untuk mereka.Sebaiknya para masyarakat yang ingin
mendapatkan informasi seputar wilayah local harus memilih Koran local yang
menyajikan informasi seputar wilayah local saja.
Komentar
Posting Komentar